Bahan Kain Wol

Bahan Kain Wol

Meetgrindrbook –┬áKain wol merupakan jenis bahan yang paling banyak dipilih dan digunakan di tempat-tempat dengan kondisi cuaca dingin. Benang wol sering digunakan untuk membuat syal rajutan yang menghangatkan tubuh. Selain itu, kain wol juga banyak diproduksi untuk membuat sweater, jaket, dan pakaian hangat musim dingin. Sifatnya yang kental sangat bermanfaat dalam menghangatkan tubuh orang yang datang di empat musim seperti musim dingin. Wol sendiri sangat populer di industri tekstil

Kain wol adalah kain yang sangat populer di industri tekstil di Eropa, Amerika, dan beberapa negara empat musim lainnya. Sifatnya yang tebal mampu menghalangi angin dari luar tubuh melalui kulit, sehingga sering digunakan saat musim panas. Dalam industri tekstil, berbagai jenis kain wol diproduksi. Misalnya wool murni, wool merino dan wool ringan.

Sifat bahan wol

Benang wol dibuat dari bahan dasar berupa bulu domba atau bulu hewan lain yang memiliki sifat hampir sama. Benang wol yang dihasilkan kemudian ditenun dengan mesin menjadi lembaran kain. Karena terbuat dari susunan serat yang bertumpuk, maka karakteristik kain wool yang tebal, yang juga terbentuk dari berbagai lemak, polimer protein asam amino, kalsium dan sodium sehingga menjadi kain yang tahan lama.

Manfaat kain wol

1. Kain dengan kualitas terbaik

Bahan fleece ini berkualitas sangat baik. Bahan ini juga merupakan salah satu bahan yang diawetkan dalam industri tekstil. Dengan tekstur yang tebal, wool sering digunakan sebagai bahan untuk jaket, mantel dan pakaian hangat di daerah empat musim seperti Amerika, Rusia dan Eropa. Selain itu, kain wol sulit dibuat, sehingga wol di pasaran hampir pasti asli.

2. Ketahanan terhadap api

Kain wol ditenun rapat dengan sangat berlapis untuk mencegah udara dingin masuk ke kulit. Karena tekstur bahan ini, kain wol mengandung sangat sedikit oksigen pada seratnya. Akibatnya wool sangat sulit terbakar jika dibandingkan dengan jenis bahan lain yang memiliki kandungan oksigen tinggi pada seratnya.

3. Penyerapan air / keringat

Keuntungan lain dari kain wol adalah cepat berkeringat atau menyerap air. Daya serapnya yang tinggi tidak hanya membuat kainnya cocok untuk digunakan di musim dingin, tetapi juga bisa digunakan di bawah sinar matahari, yang membuat tubuh berkeringat. Alhasil, mengenakan wool yang tebal akan menyebabkan keringat cepat mengering saat wool tersebut menyerapnya.

4. Cocok untuk berbagai jenis kulit

Kain wol terbuat dari bulu domba dengan sedikit proses kimiawi. Karena terbuat dari bahan alami, kecil kemungkinannya menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit. Pakaian berbahan wol juga lebih ramah untuk segala usia, dari anak-anak hingga orang tua.

5. Melindungi kulit dari sinar UV

Meski memiliki sifat yang tebal, sebaiknya Anda tidak meremehkan manfaat kain wool. Sebenarnya Anda disarankan menggunakan kain tebal ini saat beraktivitas di luar. Pasalnya, meski panas, kain wool yang tebal ini bisa mengurangi paparan sinar UV matahari langsung. Hasilnya, kulit Anda lebih terlindungi dari risiko kanker kulit.

Kerugian dari kain wol

1. Susah membersihkan pakaian

Kain wool memiliki ciri-ciri yang sulit untuk menghilangkan noda yang menempel. Oleh karena itu sebaiknya menggunakan pakaian berbahan wool dengan hati-hati agar tidak mudah terkena noda, terutama tumpahan air berwarna seperti kopi, kuah dan lain sebagainya. Jika Anda menyikat kain wool untuk menghilangkan noda, maka akan rusak dan berbulu.

2. Kurang cocok untuk iklim Indonesia

Pakaian yang terbuat dari bahan utama berupa wol tidak begitu populer di Indonesia atau negara beriklim tropis lainnya. Hal ini dikarenakan negara tropis seperti Indonesia lebih banyak mengalami musim kemarau atau panas dibandingkan musim hujan. Oleh karena itu, jenis wool yang lebih populer di Indonesia adalah wool dengan campuran katun atau sutera untuk tekstur yang lebih sejuk.

3. Bahannya berat

Kain wol dibuat dari lapisan yang bertumpuk yang membuatnya menjadi berat, terutama saat dicuci dan terkena air.

Penggunaan Kain Wol

Hampir sama dengan jenis bahan yang berbeda, Anda bisa menggunakan kain wool untuk membuat mantel, celana, mantel hingga pakaian konveksi seragam kerja yang berbeda dengan model klasik lainnya. Seragam kantor juga bisa menggunakan bahan ini yang memiliki sifat lembut dan halus. Selain itu wool sering digunakan untuk membuat penghangat badan, sweater, jaket dan lain sebagainya. Jika Anda merasa sangat kedinginan karena cuaca di daerah Anda, sangat disarankan agar Anda mengenakan pakaian awan. Selain menjadi hangat, kain wool juga menyerap keringat sehingga membuat Anda tetap kering.

Anda mungkin juga suka...