Cara Membuat Restoran Dari Kontainer Bekas

Cara Membuat Restoran Dari Kontainer Bekas

Meetgrindrbook – Bukan hal yang aneh, apalagi di Indonesia, di mana restoran dengan kontainer bekas sedang naik daun. Restoran jenis ini khusus dibuat dari angkutan besi baja yang biasa disebut dengan container.

Wadah atau disebut juga container adalah laci atau kotak yang digunakan sebagai alat transportasi. Hal ini biasa digunakan dalam berbagai moda transportasi barang, seperti kapal, kereta api atau truk.

Peti kemas yang dapat digunakan untuk berbagai moda transportasi harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan teknis sesuai ISO (International Organization for Standardization).

Jika peti kemas sudah tidak layak lagi digunakan sebagai alat muat, biasanya dihentikan atau dilepas ke pasaran. Oleh karena itu, banyak pihak kreatif yang memanfaatkan wadah bekas ini untuk dijadikan berbagai bangunan. Salah satunya adalah restoran kontainer bekas.

Membuat restoran kontainer bekas

Untuk membuat resto dari bahan container bekas tentunya anda harus memiliki bahan dasarnya yaitu Office Container itu sendiri. Kontainer bekas dapat dibeli secara online atau offline dari penyedia layanan perdagangan kontainer.

Saat berbelanja wadah bekas, pastikan untuk memilih wadah yang berkualitas. Sekalipun bekas, bahan-bahan dalam wadah masih bisa digunakan selama mungkin setelah melalui proses modifikasi.

Namun sebelum Anda membelinya, pastikan persiapan perencanaan pembuatan restoran kontainer bekas sudah lengkap.

Beberapa hal berikut yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan adalah langkah-langkah membuat restoran kontainer bekas.

1. Membuat rencana pembangunan restoran container bekas

Rencanakan dengan matang, hal ini mencakup tata letak restoran, anggaran, dan lokasi restoran nantinya.

Meskipun bangunan kontainer bekas bersifat portabel atau dapat dengan mudah dipindahkan, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan untuk memiliki atau menyewa tanah seperti tanah tempat restoran akan berlokasi.

Ukuran tanah atau tanah yang Anda miliki atau sewa akan menentukan ukuran wadah yang Anda butuhkan.

2. Beli wadah bekas sesuai kebutuhan.

Jika tata letak restoran sudah selesai, Anda dapat dengan mudah melihat berapa banyak wadah bekas yang Anda butuhkan.

Belilah wadah bekas sesuai dengan kebutuhan Anda, baik dalam jumlah maupun ukuran. Seperti yang kita ketahui, wadah bekas datang dalam berbagai ukuran. Dari 10 kaki, 20 kaki dan 40 kaki.

Meski ukurannya terbatas, Anda sebenarnya bisa membuat restoran layaknya bangunan konvensional. Karena Anda dapat menggabungkan wadah ini satu sama lain.

3. Penggunaan jasa ahli modifikasi peti kemas

Jika Anda tidak memiliki keahlian khusus untuk mendesain atau membuat bangunan dari wadah bekas. Lebih baik serahkan pada ahlinya.

Temukan ahli modifikasi peti kemas yang menyediakan jasa konsultasi, sehingga Anda dapat dengan mudah mendirikan restoran peti kemas bekas.

Penyedia jasa profesional yang ahli dalam modifikasi peti kemas tentunya akan membantu Anda mulai dari desain, tata letak hingga proses pembuatan dan menjadi bangunan restoran kontemporer yang unik.

4. Bangun fondasi restoran kontainer bekas

Sebelum menempatkan wadah bekas di restoran, Anda harus terlebih dahulu membuat alas tempat wadah akan diletakkan.

Anda memiliki pilihan di antara beberapa jenis foundation, seperti:

  • Tiang pancang beton (pondasi dangkal, murah, sederhana)
  • Slab on Grad base (untuk lantai flexible harganya cukup mahal)
  • Pile Foundation (pondasi kualitas bagus, harga lebih mahal)

5. Renovasi lantai restoran kontainer bekas

Biasanya, lantai wadah berisi pestisida yang digunakan untuk mencegah serangga selama perjalanan laut.

Padahal pestisida ini berbahaya bagi manusia. Jadi pastikan untuk merenovasi lantai restoran kontainer bekas. Anda dapat membuat sub-lantai kayu, dll.

6. Melengkapi kebutuhan lainnya

Setelah renovasi lantai, Anda bisa melanjutkan untuk merapikan hal-hal lain seperti mempercantik interior restoran kontainer bekas ini agar lebih unik dan kekinian untuk menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan menjadi pelanggan.

Selain itu, jangan lupakan eksteriornya, eksteriornya juga harus diperhatikan agar eksterior resto bekas ini terlihat bagus.

Anda mungkin juga suka...