Cara Menanam Bunga Bakawali Lebih Mudah

Cara Menanam Bunga Bakawali Lebih Mudah

Meetgrindrbook –┬áBunga Bakawali lebih dikenal dengan nama Melayu. Bunga ini memiliki nama latin Epiphyll umangliger, lebih dikenal orang Indonesia sebagai bunga wijayakusuma. Bunga bakawal ini merupakan bagian dari jenis kaktus asli Venezuela, Amerika Selatan, yang kemudian menyebar ke kawasan Asia, termasuk Indonesia.

Bunga Bakawali lebih dikenal sebagai bunga hias karena memiliki bunga yang indah saat mekar. Bunga ini akan mekar pada malam hari dan layu keesokan harinya dan hampir terlihat seperti bunga buah naga. Tidak hanya sebagai tanaman hias, ternyata bunga Bakawali mengandung beberapa bahan yang bermanfaat sebagai campuran obat. Jika Anda ingin menanamnya, berikut ini 4 cara menanam bunga bakawali yang paling mudah, namun sebelumnya Anda perlu mengetahui beberapa hal seperti syarat tumbuh bunga bakawali.

Kondisi bunga bakawali dapat tumbuh dengan baik jika kondisi areal tanam terbuka atau sedikit teduh. Selain itu, kondisi tanah yang digunakan harus memiliki kandungan hara yang baik dan ketersediaan air yang cukup. Iklim yang cocok untuk menumbuhkan tanaman bakawali adalah beriklim sedang dan tropis. Berikut ini uraian tentang cara menanam bunga bakawal yang bisa Anda lakukan di rumah. Berikut ulasan Papan Bunga Makassar.

Alat dan Bahan Cara Menanam Bunga Bakawali

Hal pertama yang harus disiapkan tentu saja alat dan bahan untuk menanam bunga bakawali agar proses penanamannya lebih mudah. Berikut adalah alat dan bahan yang perlu Anda siapkan:

– Bibit atau tanaman bunga Bakawali
– Gunting potong
– Bumi
– Pot bunga
– ZPT atau solusi mekanik (opsional)
– Pupuk kandang atau kompos
– Tongkat kayu atau bambu kecil
– Ekskavator kecil atau sedang
– Air
– Roti yang diberkati
– pinset
– kapas
– Ember atau wadah
– Panci (bisa semua jenis slow cooker, pot plastik, kaleng atau kantong plastik)

Langkah-langkah menanam bunga Bakawali

Ada dua tahap menanam bunga bakawali, yaitu dengan stek dan biji.

1. Stek

Stek adalah sistem perbanyakan tanaman yang menggunakan bagian tubuh tanaman, seperti daun, akar, dan batang. Sebagian besar stek diambil dari batangnya, namun untuk bunga baakawali kali ini kita akan menggunakan stek daun. Ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan.

– Siapkan alat dan bahan untuk menanam bakawali menggunakan stek.
– Pilih bibit bunga Bakawali yang masih muda. Hal ini direncanakan agar perkembangan bunga willow lebih cepat.
– Setelah memilih bagian bunga sukulen, Anda bisa langsung memotongnya secara miring, yaitu ujungnya dari awal hingga akhir meruncing.
– Perlu diingat bahwa memotong daun bunga Bakawali tidak boleh terlalu penting untuk Anda. Hal ini akan mengakibatkan pertumbuhan suboptimal dari setiap bagian benih.
– Jika Anda menabur dalam jumlah banyak, pastikan untuk merendamnya dengan air terlebih dahulu agar kandungan airnya tetap tersedia.
– Siapkan substrat tanam terlebih dahulu dengan perbandingan tanah/pupuk 1:1.
– Setelah media tanam siap, Anda bisa memasukkan benih ke dalam media tanam.
– Buat lubang tanam dengan kayu atau jari.
– Kemudian masukkan stek bunga dan tutupi dengan tanah disekitarnya
– Jika ingin membuat stek dengan larutan ZPT atau mekanik, perlu diperhatikan dosisnya.

2. Biji

Menabur Bakawali dengan biji jarang dilakukan karena memakan waktu yang lama, berikut caranya:

– Siapkan bahan dan alat
– Pastikan cawan petri yang akan digunakan bersih dan basahi bola kapas yang akan digunakan
– Masukkan kapas ke dalam cawan petri.
– Kemudian Anda hanya perlu meletakkan benih di atas kapas.
– Kemudian perhatikan pertumbuhan benih.

Tahapan pertumbuhan dan perkembangan bunga Bakawali

4 cara menanam bunga bakawali selanjutnya yang paling mudah adalah dengan memasuki fase tumbuh kembang. Inilah tahapan menanam bunga sukulen yang perlu Anda ketahui.

– Bunga Bakawali akan mengalami pertumbuhan yang cepat jika ditanam di tempat yang banyak mendapat angin dan tempat berteduh.
– Kondisi daun yang terbentuk akan membesar.
– Pertumbuhan daun yang membesar akan diikuti dengan penambahan batang yang pipih dan tidak akan muncul cabang pada buku daun.
– Setelah cabang terbentuk, akan terjadi pertumbuhan generatif dimana kemungkinan bunga akan muncul.
– Kemudian, setelah munculnya kuncup bunga, akan berubah menjadi bunga penuh. Bunga Bakawali siap mekar pada malam hari dari jam 7 malam hingga 12 malam. Kemudian setelah jam 12 malam, bunga yang layu akan layu.
– Bunga yang layu akan tetap berada pada batangnya, tetapi pada pagi hari bunga yang layu akan patah dan gugur.

Cara Panen Bakawali

Selain sebagai tanaman hias, bunga ini ternyata memiliki manfaat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Anda juga bisa memanen bagian tubuh bunga Bakawali yang dimanfaatkan, yaitu:

1. Daun dan batang

Daun bunga Bakawali yang bisa dipanen biasanya daun muda. Kemudian daun ditumbuk sampai halus, lalu dioleskan pada bagian yang luka. Daun lembut bunga Bawakali juga akan berubah menjadi batang saat bunga delima sudah tua. Bagian batang bunga ini terdiri dari daun-daun yang mengeras dan mengecil.

2. Bunga

Perkembangan bunga pada bunga hanya akan berkembang sekali. Memetik bunga akan cenderung lebih sulit daripada menggunakan daun atau batang. Gunakan bunga bakawali sebagai obat dengan cara merebus bunga dan membiarkannya terendam.

Nah, itulah 4 cara menanam bunga bakawali yang paling mudah yang bisa kamu lakukan di rumah jika kamu tertarik untuk menanamnya. Ternyata pemanfaatan bunga Bakawali juga bisa dilakukan dengan meminum rebusan bunga tersebut. Semoga uraian ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: Florist Makassar